Minuman Keras, Membunuh Generasi Muda Papua

Jumat, 01 April 2011 12:07 Oleh :   Alexander Gobai, Yosua Tipagau, Aden I. Dimi
Minuman Keras (Miras) merupakan jenis minuman yang beralkohol tinggi. Miras dapat membuat orang yang mengomsumsinya di atas batas sewajarnya mengalami mabuk atau hilangnya kesadaran.Ada bermacam-macam jenis Miras di tanah Papua ini. Secara umum, minuman keras terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu minuman keras yang diproduksi dan didatangkan dari luar Papua dan yang berasal atau diproduksi di Papua sendiri. Minuman keras yang didatangkan dari luar tersebut seperti Wiski, Bir, Wiro Tinggi, Robhinson dan lain lain. Sedangkan yang diproduksi di Papua sendiri dikenal dengan nama Minuman lokal (Milo), seperti Bobo.
Berdasarakan pengamatan kami, sekitar 75% para remaja muda Papua dapat mengomsumsi minuman keras. Bukan saja para remaja muda Papua tetapi sebagaian besar para pejabat daerah yang dapat mengomsumsi miras. Namun, para pihak pemerintah dan keamanan kepolisian malas tahu dengan hal ini. Mereka membiarkan remaja muda papua terus-menerus dapat mengomsumsi miras.
Hal ini adalah tanda ancaman bagi generasi muda Papua, untuk masa depan tanah Papua, apabila remaja muda Papua menjadi pecandu alkohol. Kita bisa melihat bahwa sebagaian besar pejabat-pejabat daerah yang mencontohi remaja muda Papua  yang bekeraja sama dengan para pengusaha-pengusaha yang mendatangkan minuman keras dari luar Papua, dan juga meraka yang mengomsumsi miras. Bawasanya pemerintah sebagai orang tua dapat menasehati dan mencontohi bagi remaja muda Papua untuk masa depan dan demi kepentingan Papua.
Banyak penelitian membuktikan bahwa minuman keras yang berujung pada seks bebas menjadi salah satu penyebab utama maraknya penyakit mematikan, HIV/AIDS di tanah ini. Kita dapat melihat, bahwa banyak pemuda pemudi negeri ini harus mendahului kita ke alam baka, hanya karena penyakit maut ini. Dan patut dipertanyakan, bagaimana masa depan Papua ini nanti, bila generasi muda yang diharapkan menjadi motor penggerak pembangunan di tanah ini justru demikian kenyataannya?
Pemerkosaan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), perkelahian, narkotika bahkan pembunuhan adalah beberapa kasus yang juga dapat muncul akibat pengonsumsian minuman keras. Seseorang yang kehilangan kesadaran atau mabuk karena minuman keras sangat cepat terpancing emosi negatifnya, sehingga dapat menimbulkan perkelahian bahkan  pembunuhan.   Mabuk juga berdampak pada terjadinya pemerkosaan, pembunuhan dan menjadi pengguna narkotiaka. Mereka menjadi lebih berani untuk melakukan penerkosaan, pembunuhan karena kehilangan kontrol, kendali, dan kesadaran.
Miras seperti sebuah pemicu ledakan dasyat yang dapat meluluhlantakan sebuah bangunan bertingkat, walau telah dibangun rangka baja yang sangat kuat. Miras juga bisa di Ibaratkan bahan-bahan yang mudah menimbulkan api yang berkobar-kobar dan menghanguskan apa saja yang ada di dekatnya. Miras memang tak mengenal golongan, pangkat, suku, agama, tua-muda, maupun besar-kecil. Sebab siapapun dia, jika terpengaruh dengan  miras kadang susah menyetopnya. Malah Miras ibarat candu bagi peminumnya, dan bentuknya miras dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Mengapa Remaja Muda Papua Cenderung mengonsumsi Miras? Sebelum kami menjawab pertanyaan di atas, kita bisa melihat di lingkungan kita, kebanyakan remaja muda Papua yang putus sekolah. Mungkin karena orang tuanya tidak mampu dalam membiayai kebutuhan pribadinya. Bukan hanya para remaja yang orang tuanya tidak mampu, melainkan remaja muda papua yang orang tuanya mampu membiayai kebutuhan  pribadinya, tetapi mereka tertarik pada Miras karena mengikuti arus-arus perkembangan.
Kemudian, mereka tidak tahu bahwa akibat atau efek dari Miras akan merugikan kehidupan jasmani maupun rohani diri sendiri dan merugikan kehidupan masa depan. Selain itu, akibat Miras akan membuat banyak korban terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain.
Remaja muda papua tertarik dengan minuman keras karena mereka berpikir untuk mencoba, bagaiman rasanya apakah rasanya enak, manis, dan pahit. Dan mereka terpengaruh dengan keadaan situasi yang ada contohnya diajak oleh teman, stres, rasa kurang mampu, ingin mencoba, dan kurang membiayai kebutuhan pribadi.
Apabila Pemerintah Daerah dan Pihak Keamanan berperan dalam mencegah  minuman keras yang setiap saat beredar di Papua khususnya di kabupaten Nabire, maka minuman keras yang setiap saat beredar akan mengalami kekurangan, dan pihak yang setiap saat memperjual belikan minuman keras akan mengalami kerugian.
Dengan demikian, solusi yang paling terbaik kepada masyarakat papua khususnya para remaja muda Papua yang setiap saat mengomsumsi Miras, yaitu pemerintah daerah dan pihak keamanan serta masyarakat Papua bersatu dan berkumpul untuk menyepakati tindakan-tindakan yang tidak benar. minuman keras (Miras) alias mabuk yang setiap saat dapat mengomsumsinya.
Inilah salah satu tugas kita. Kita sebagai pemerintah, sebagai masyarakat, dan apapun profesi kita, harus berjuang memberantas minuman keras, karena hanya menimbulkan dampak megatif. Kita  berusaha menciptakan kehidupan yang lebih baik, bebas dari pengaruh minuman keras yang hanya mengakibatkan munculnya persolan-persoalan sosial dalam masyarakat. Kita memulainya hari ini, walaupun untuk mewujudnyatakannya tidak semudah membalik telapak tangan. Sebab sebagai manusia ciptaan Tuhan yang mulia, bangsa Papua di tanah ini pun memunyai hak untuk hidup dalam kedamaian dan bebas dari pengaruh Miras
Marilah kita semua menjaga Papua ini dengan penuh kebersamaan, keharmonisan untuk mewujudkan Papua baru. Karena bukan tidak mungkin lagi, impian kita untuk membangun tanah Papua menjadi tanah damai hanya akan menjadi mimpi di siang bolong. (Penulis adalah pelajar SMA YPPK Adhi Luhur Nabire-Papua)
Share this movie :

+ komentar + 1 komentar

24 Maret 2013 pukul 17.09

Ass.wr.wb.SEBELUMNYA PERKENALKAN NAMAKU IBU ENY SEKARAN SAYA LAGI BINGUN BANGET KARNA SAYA LAGI MENGALAMI COBAAN HADUP YANG TAK KUNJUNG USAI,SAYA HAMPIR SAJA BERBUAT NEKAT,PERBUATAN YANG SANGAT DIBENCI OLEH ALLAH YAITU BUNUH DIRI,SEMUA ITU AKIBAT BATIN SAYA YANG SANGAT TERTEKAN,PADAHAL SAYA MASIH MEMPUNYAI ANAK YANG MASIH KECIL2 YANG SEHARUSNYA DAPAT KASIH SAYANG ORANG TUA SEUTUHNYA,NAMUN KARNA KONDISI YANG SERBA KEKURANGAN MEMBUAT ANAK SEPERTI KURANG TER URUS,DALAM KALUTNYA SAYA COBA BUKA2 INTERNET DAN DISITULAH SAYA MELIHAT NOMOR MBAH SARTO..MAAF SAYA CURHAT DENGAN ANDA,ORANG YANG BELUM SAYA KENAL SAMA SEKALI,TAPI SIAPA PUN ANDA DIMANAPUN ANDA SAYA HARAP ANDA BISA MERINGANKAN BEBAN SAYA,SEPERTI KOMENTAR2 PADA ANDA LEWAT INTERNET, DAN SETELAH SAYA SUDAH MENGHUBUNGI MBAH SARTO ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ITU SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH SARTO DAN BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI MBAH SARTO DI 082=378=607=111 NOMOR RITUAL MBAH SARTO MEMAN TIDAK DUANYA,SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AWEIDA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger